U Follow Me, I Follow Back!

Setting Internet Dengan Modem USB di Ubuntu

Berikut ini saya akan menjelaskan cara mengkoneksikan modem usb di Ubuntu. Caranya gampang banget, nih saya kasih tahu.

NB : Disini saya menggunakan modem Huawei E161 sebagai percobaan, untuk modem lainnya juga bisa kok! jangan kuatir.

Khusus untuk versi Ubuntu 10.04 Lucid Lynx ke bawah download lalu install file berikut :

1. Download udev

2. Download usb-modeswitch-data

3. Download usb-modeswitch

Untuk pengguna Ubuntu 10.10 Maverick tidak perlu mendownload file diatas, karena paketnya sudah terinstall di Ubuntu Maverick.

Cara setting Internetnya :
1. Masukkan Modem ke port USB,
2. Setelah terdeteksi, klik kanan tray icon Network Connection lalu klik Edit Connection,
Screenshot :


3. Masuk ke Tab Mobile Broadband dan klik Add,
Screenshot :


4. Klik Forward,
Screenshot :


5. Pilih Negara lalu klik Forward,
Screenshot :


6. Pilih provider yang dipakai, lalu klik Forward,
nb : Karena saya pakai XL Unlimited, jadi saya pilih yang Excelcomindo (XL).
nb : Kalau provider yang dipakai nggak ada, klik opsi I can't find my provider and i wish to enter it manually, lalu ketik nama providernya sesuai yang kamu pakai atau diinginkan.
Screenshot :


7. Atur APN (Access Point Name) dengan mengklik option My plan is not listed dan ketik APN-nya, lalu klik Forward,
nb : Karena saya pakai XL Unlimited, jadi APN saya xlunlimited.
Screenshot :


8. Klik Apply,
Screenshot :


9. Maka akan muncul jendela seperti ini, dan aturlah sesuai dengan pengaturan pada provider yang anda gunakan, lalu klik Apply,
Screenshot :


10. Klik Close,
Screenshot :


11. Klik kiri tray icon Network Connection, lalu klik nama koneksinya/Connection Name anda,
Screenshot :


12. Kalau berhasil, akan muncul kaya gini,
Screenshot :




Posting Terkait

3 komentar:

Panggil Aku Muhammad mengatakan...

kunjungan perdana gan, ditunggu kunjungan baliknya

Campur-Campur mengatakan...

bang mohon bantuannya,sya juga memakai xl unlimited dan modemnya memakai dlink dwm-152,terus settingan sudah benar sesuai provider xl,pada waktu saya konek kok tidak bisa ya,padahal modem saya sudah terdeteksi,saya ceknya dengan wvdialconf disitu tertulis found a modem in usb0 kurang lebih perkataannya seperti itu,munkin bisa kasih tahu bang pengisian wizardnya apa aja,mohon bantuaanya ya bang??

Sensei K@zuya mengatakan...

@Muhammad : alamat blog please biar kunjung balik...

@Campur : mav baru response....modem kamu terdetek gag di Network Manager?saya punya config dari wvdial cuma untuk settingan internet aha unlimited, tgal sesuaikn aja ma settingan xl....klo mau sya krim ke email....thx dah kunjung....

Berlangganan artikel Kazuya On Linux langsung ke email kamu :

Delivered by FeedBurner